Minggu, 04 Maret 2018

[REVIEW] Koe no Katachi (A Silent Voice)


Anime movie yang bergenre “Drama, School, Shounen” dan mendapat Rating di My Anime List sebesar 9,05 ini telah tayang sejak September 2016. Anime karya Yoshitoki Oima dan bekerja sama dengan Kyoto Animation Studio. Anime yang di adaptasi dari sebuah manga berjudul serupa terbitan 2013. Koe no Katachi atau dalam versi inggrisnya A Silent Voice.

Sebelumnya yuk kenalan dulu dengan karakter anime Koe no Katachi

› Ishida Shouya

Ishida Shouya adalah seorang siswa SMA yang dulunya terkenal karena ia selalu mem-bully Shoko Nishimiya siswi pindahan yang merupakan seorang tuna rungu yang kesulitan berbicara dan mendengar.


› Nishimiya Shouko


Nishimiya Shouko merupakan gadis yang polos dan seorang tuna rungu yang dibully habis habisan oleh Ishida Shouya pada saat dibangku SD.


› Nishimiya Yuzuru


Nishimiya Yuzuru merupakan adik dari Nishimiya Shouko. Pada saat Ishida ingin bertemu dengan Nishimiya Shouko ia selalu di halang-halangi oleh Yuzuru karna ia tau masa lalu kakak nya yang sering di bully oleh Ishida.


› Ueno Naoka


Ueno Naoka merupakan orang yang juga ikut ikutan mem-bully Nishimiya Shouko pada saat SD bersama Ishida.


› Nagatsuka Tomohiro


Nagatsuka Tomohiro merupakan teman sekelas sekaligus teman satu satunya Ishida di SMA karna telah menyelamatkan nya dari kakak kelas yang mengganggunya.



SINOPSIS

Koe no Katachi merupakan anime yang ceritanya berpusat dengan seorang pemuda yang ingin meminta maaf dan menebus kesalahan atas apa yang dilakukan nya terhadap seseorang. Yaitu anime ini menceritakan tentang Ishida Shouya, seorang remaja yang dulunya dibangku SD sering melakukan bully kepada murid pindahan bernama Shoko Nishimaya yang ternyata Tuna Rungu, yaitu kesulitan berbicara dan mendengar.


Bukan hanya Ishida yang mem-bully Nishimiya melainkan teman sekelasnya juga ikutan mem-bully yang juga termasuk Ueno. Karena suatu kejadian, Shouya ketahuan dan wali kelasnya memohon info dari rekan-teman Ishida, tetapi nyatanya rekan-rekan yang sampai kini turut mengganggu menghianati Ishida serta cuma menyalahkan dia seseorang. Dan kemudian teman-teman sekelasnya pun mulai melakukan hal yang sama kepadanya, yaitu bullying terhadap dirinya sendiri dan teman teman terdekatnya pun mulai menjauhkannya. Peristiwa itu pada akhirnya mengakibatkan Ishida jadi bahan bully-an sampai dia tamat SMP, bahkan sampai SMA. Ishida juga menyesali tindakannya pada Nishimiya.

Setelah kejadian ini, waktu bersetting pada masa SMA dan Ishida mulai menutup hatinya dan selalu merasa bersalah. Ia tidak menganggap kehadiran orang atau teman sekitarnya selain keluarganya. Dan ia selalu menunduk jika bertemu orang lain.



Tetapi suatu hari, Ishida kembali dipertemukan dengan Nishimiya. Pertemuan ini pun membuat diri Ishida mulai berubah dan ingin meminta maaf atas tindakannya pada saat masa lalu. Akankah ia bisa terbebas dari semua rasa sakit ini dan bisa menebus kesalahannya?

Pesan dari anime ini adalah setiap orang punya penyesalan, setiap orang punya rasa bersalah yang terus menghantui, setiap orang punya masa lalu, tapi bukan berarti kita tidak boleh bahagia, bukan berarti kita tidak layak untuk bahagia. Kita harus bisa memaafkan diri sendiri dan memperbaiki semuanya. Dan juga karma itu ada. Dan anime ini menggambarkan perasaan saat orang yang di bully oleh "teman-teman nya" yang bisa saya sebut sebagai sampah masyarakat.


Beberapa seiyuu yang kebagian mengisi tokoh utama anime ini adalah:
  • Irino Miyu   sebagai   Ishida Shouya
  • Hayami Saori   sebagai   Nishimiya Shouko
  • Yuuki Aoi   sebagai   Nishimiya Yuzuru
  • Kaneko Yuuki   sebagai   Ueno Naoka
  • Ono Kensho   sebagai   Nagatsuka Tomohiro


[Ost Koe no Katachi] :

• Opening “My Generation (マイ・ジェネレーション)” by The Who
• Ending “Koi wo Shita no wa (恋をしたのは)” by aiko


Kesimpulan :
Kalau kalian berpikir bahwa ini adalah cerita cinta/romance?, kamu salah besar. Ini tentang persahabatan, disabilitas, bully, dan bunuh diri. Semua ini akan dikupas dengan perasaan yang amat sangat mendalam. Anime movie ini berkisaran 2jam-an yang dapat dengan mudah menyampaikan cerita dan perjuangan yg sangat menyentuh + Ost “Lit” yang secara pribadi entah kenapa enak bgt di dengar iramanya, pokoknya sangat sangat recomended!
“Score pribadi keseluruhan : 97 /100”

0 komentar:

Posting Komentar