Kamis, 08 Maret 2018

[REVIEW] Shigatsu wa Kimi no Uso (Your lie in April)


Anime yang bergenre “Drama, Music, Romance, School, Shounen” dan mendapat Rating di My Anime List sebesar 8,90 ini telah tayang sejak Oktober 2014. Anime karya Naoshi Arakawa dan bekerja sama dengan A1 Pictures Studio yang berjumlah 22 episode + 1 OVA . Anime yang di adaptasi dari sebuah manga berjudul serupa terbitan 2011, dan anime ini telah mendapatkan versi Live Action-nya. Shigatsu wa Kimi no Uso atau dalam versi inggrisnya Your Lie in April.

Sebelumnya yuk kenalan dulu dengan karakter anime Shigatsu wa Kimi no Uso

› Arima Kousei


Kousei adalah seorang anak yang mencintai musik dan sangat menyukai piano sejak kecil, tetapi dia memiliki masalah yaitu tidak bisa mendengar suara not piano yang ia mainkan. Bukan karena penyakit, bisa dibilang seperti sebuah trauma karna telah ditinggal pergi ibunya, dan sejak saat itu Kousei tidak ingin bermain piano lagi.
Sifatnya keras kepala, tidak mau berusaha sebelum mencoba. Tapi entah kenapa Kaori gak pernah nyerah buat menyemangati Kousei.


› Miyazono Kaori


Sama halnya dengan Kousei , Kaori merupakan orang yang sangat mencintai musik sejak kecil, tetapi tidak tertarik dengan yang namanya kompetisi dan dia lebih senang bermain dengan lagu yang ia mainkan, dan Kaori merupakan orang yang gigih dalam arti selalu tidak menyerah pada Kousei agar bisa bermain piano lagi.


› Sawabe Tsubaki


Tsubaki merupakan teman masa kecil Kousei, mereka sering bersama sejak kecil, sifatnya agak tomboi dan menyukai olahraga softball. Tsubaki hanya ingin Kousei bermain piano lagi, maka dari itu dia memperkenalkan Kousei dengan Kaori dengan tidak sengaja. Namun Tsubaki menyimpan perasaan kepada Kousei tanpa sepengetahuan Kousei.


› Watari Ryouta


Ryouta merupakan teman dari Kousei dan Tsubaki, menyukai olahraga Sepak bola dan dia sangat terkenal di kalangan para gadis ya bisa dibilang kalau dia itu Playboy.


SINOPSIS

Shigatsu wa Kimi no Uso menceritakan tentang Arima Kousei seorang siswa yang sangat berbakat dalam memainkan piano, tetapi tidak dapat mendengarkan suara piano nya karna suatu hal, maka dari itu ia sempat berhenti bermain piano.

Pada umur 11 tahun Kousei menjadi terkenal karena menjuarai kompetisi kompetisi piano. Ibu Kousei terkenal dan ia merupakan salah satu pianis hebat yang bernama Arima Saki. Kemudian ia mewariskan impiannya di dunia piano pada sang anak tunggal, Arima Kousei. Akan tetapi, Saki mendidik Kousei dengan kasar, hal itu membuat Kousei agak tertekan.


Dimasa kejayaannya sebagai juara pianis ia lebih mirip manusia robot, mengikuti kompetisi dan memainkan piano dengan wajah datar,ia memainkan semua melody pianonya tanpa kesalahan sedikit pun. Kousei tidak pernah mempermasalahkan cara melatih ibunya, yang Kousei inginkan hanya satu, ibunya bisa sembuh dari penyakitnya. Kousei pikir cara yang bisa dia lakukan untuk membahagiakan ibunya adalah dengan menjuarai kompetisi yang ia ikuti. Namun pada suatu kompetisi, Arima Saki berkesempatan untuk menyaksikan langsung penampilan anaknya. Kousei sangat bahagia saat itu. Sayangnya, seusai penampilan Kousei, Saki justru memarahinya dengan kasar dan memukulnya. Kala itu, saking kesalnya, terucap kalimat tak pantas dari Kousei untuk ibunya, “orang sepertimu (ibunya) sebaiknya mati saja!”.


Dan memang tak lama dari kejadian itu, ibunya benar-benar meninggal.

Semenjak itu pula Kousei mengalami semacam trauma ketika bermain piano. Ketika bermain piano ia tidak bisa mendengar suara piano nya yang ia sebut “kutukan”.

Sejak itu Kousei tidak memainkan piano selama 2 Tahun lamanya dan ia mulai merasa jenuh dan hidupnya kurang berwarna, dan bertemu lah Kousei dengan Kaori di taman. Awalnya Tsubaki yang merupakan teman Arima sejak kecil ingin memperkenalkan dengan gadis penyuka musik yaitu Kaori agar Arima bisa bermain piano lagi, namun sebenarnya Tsubaki hanya ingin memperkenalkan Kaori pada Ryouta yang merupakan teman Arima juga, dan Arima diajak Tsubaki hanya sekedar menemaninya saja.


Dan semenjak bertemu Kaori hidup Kousei perlahan mulai berubah dan mulai memainkan piano lagi bersama sambil diiringi Kaori yang bermain violin/biola disuatu pertunjukan.

Masih banyak cerita yang menarik ditambah kehadiran karakter baru yang datang pertengahan episode dan suasana “nyesek” yang ga bisa di jelaskan karena bisa spoiler bagi yang belum menonton xD yak langsung aja tonton anime ini.


Beberapa seiyuu yang kebagian mengisi karakter utama di anime ini adalah:
  • Taneda Risa   sebagai   Miyazono Kaori
  • Hanae Natsuki   sebagai   Arima Kousei
  • Ayane Sakura   sebagai   Sawabe Tsubaki
  • Osaka Ryouta   sebagai   Watari Ryouta


[Ost Shigatsu wa Kimi no Uso] :
• Opening #1 “Hikaru nara (光るなら)” by Goose house 
• Opening #2 “Nanairo Symphony (七色シンフォニー)” by Coala Mode

• Ending #1 “Kirameki (キラメキ)” by wacci
• Ending #2 “Orange (オレンジ)” by 7!! 
Ending #3 “Orange (オレンジ) (Acoustic Ver.)” by 7!! 


Kesimpulan :
Dari segi cerita sangat sangat bagus untuk di ikuti, design yg sangat indah dan untuk ost lagu nya tetap menjadi fav lagu opening ataupun ending nya hehe^^ karena itu sangat sangat disarankan yang belum nonton anime ini dengan cerita romance nya yang sangat menyentuh dan teman teman sekitarnya yang membuat ceritanya sangat menyatu, secara pribadi entah kenapa nonton anime ini jadi ikutan baper wkwkwk xD
“Score pribadi keseluruhan : 94 /100”

0 komentar:

Posting Komentar